Rabu, 10 Desember 2008

Ruang Kelas Masa Depan


Multi-touch screen saat ini menjadi sebuah teknologi yang sangat menarik perhatian. Teknologi yang dipopulerkan Apple dengan iPhone dan iPod Touch ini merupakan sebuah inovasi yang mampu menciptakan sebuah trend layar yang sangat berguna. Hal inilah yang kemudian membuat para peneliti universitas Durham di Inggris tertarik untuk mengembangkan teknologi multi-touch untuk dunia pendidikan yang ia beri tema “the world’s first interactive classroom”.
Media pembelajaran baru ini menggunakan interactive multi-touch desks layaknya iPhone versi Jumbo. Sebuah perangkat yang ia padukan dengan SynergyNet framework ini dibangun dari basis gaming engine jMonkey. Rumornya software yang digunakan untuk multi-touch desk ini nantinya berbasis open source yang memungkinkan setiap orang untuk melakukan coding sesuai dengan kebutuhannya.
Jika teknologi ini diterapkan untuk pembelajaran anak, tentunya mereka akan semakin senang bermain yang tanpa ia sadari sambil belajar. Sayangnya teknologi ini baru dikembangkan di Inggris yang bahkan sampai saat ini pun belum ada keterangan kisaran harga perangkat ini.

9 komentar:

LZ mengatakan...

anak jadi lebih senang belajar nantinya..ank kecil kadang kalo disuruh bejar suah..dgn alat ini bs mempermudah guru dan ortu untuk menarik minat shg dia bs tertarik u belajr..

-Seppri- mengatakan...

Bgs bgt info lu Fren.. Anak2 bs dari dini mengetahui bagaimana pesatnya kemajuan teknologi ini.. Jadi ortu ga perlu khawatir lagi dan bs menambah motivasi untuk belajar..

Nana mengatakan...

Wew.. asik bgt anak2 masa depan, coba ruang kelas kita jg kek gitu yah.. hehe, pasti asik jd tmbh semangat buat belajar.. hmmm, teknologi kek gini bgs bgt nih.. manfaatnya gede, mdh2an aja benar2 dikembangkan yah..

Reny_cute mengatakan...

hahahaa
itu salah satu ide cemerlang tuh.
bermain dan tanpa disadari si anak dapat bejajar juga..
tapi sayang nya cuman di inggris, kalo bisa dikembangkan di negara laen juga dong

Brown Sugar mengatakan...

bener-bener bagus banget buat anak-anak dimasa depan nanti biar semua anak-anak didunia ga jadi gantek kayak orang-orang dulu. hohoho...

junaidi mengatakan...

asyik juga jika hal ini terealisasi ntar. Dengan begitu anak-anak dapay belajar sekaligus bermain.
JAdi anak tidak mudah stres menghadapi pelajaran.

JoHaN mengatakan...

wah nih baru ruang kelas yang interaktif... canggih n cool alat2 di dalamnya.

kalo skul yang pake ini sih mahal tuh sppnya...

mungkin juga bisa merangsang anak2 utk belajar lebih rajin gitu
nice post

Yuliawati mengatakan...

keren juga ada ruang kelas begitu jadi bisa memotivasi kita buat belajar serius..hehhehe sayang banget gak da di indonesia, kalo ada pasti seru.

Anonim mengatakan...

kira-kira ter-realisasikannya kapan ya